10 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Jogja, atau sering juga disebut Yogyakarta, adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Selain sebagai pusat pendidikan dan pariwisata, Jogja juga dikenal dengan beragam kuliner khasnya yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan 10 kuliner khas Jogja yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Siapkan diri Anda untuk menjelajahi dunia kuliner Jogja yang lezat dan memikat!

Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan kelapa dengan bumbu rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, dan sambal goreng krecek (kulit sapi rebus). Rasanya yang manis dengan sentuhan gurih membuat gudeg menjadi hidangan yang menggugah selera. Salah satu tempat terbaik untuk mencoba gudeg adalah di Warung Gudeg Yu Djum yang terkenal di Jogja.

Bakpia

Bakpia adalah camilan khas Jogja yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan berbagai macam rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, atau durian. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat bakpia menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang. Salah satu tempat terkenal untuk membeli bakpia adalah di Bakpia Pathok 25, di mana Anda dapat menemukan berbagai varian rasa yang lezat.

Sate Klathak

Sate Klathak adalah hidangan sate khas Jogja yang menggunakan daging kambing muda sebagai bahan utamanya. Daging kambing ini dipanggang dengan arang klathak (batu bata pecah) yang memberikan aroma dan rasa yang unik pada sate ini. Sate Klathak biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal khas Jogja. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Sate Klathak adalah di Sate Klathak Pak Pong, yang terkenal dengan cita rasa autentiknya.

Also Read:  73+ Harga Pasaran Ip 8 Plus

Gudeg Mercon

Gudeg Mercon adalah variasi dari gudeg yang lebih pedas. Gudeg ini memiliki tambahan cabai rawit sehingga memberikan sensasi pedas yang menyengat namun tetap nikmat. Jika Anda pecinta makanan pedas, Gudeg Mercon adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi Gudeg Mercon adalah di Gudeg Mercon Bu Tinah yang terletak di Jalan Magelang.

Nasi Kucing

Nasi Kucing adalah makanan ringan khas Jogja yang biasanya disajikan dalam porsi kecil dengan lauk-pauk seperti telur, ayam suwir, tempe, tahu, dan sambal. Nasi Kucing bisa ditemui di berbagai warung makan atau pedagang kaki lima di Jogja. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat membuat Nasi Kucing menjadi pilihan populer di antara wisatawan maupun penduduk lokal.

Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret Ijobet adalah minuman tradisional Jogja yang terbuat dari campuran susu kelapa, air gula merah, dan potongan es serut. Rasanya yang manis dan segar membuat Es Gempol Pleret menjadi minuman yang cocok untuk menyegarkan diri Anda dalam cuaca panas di Jogja. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi Es Gempol Pleret adalah di Warung Es Gempol Pleret Mbah Djo.

Soto Betawi

Meskipun bukan makanan khas Jogja secara keseluruhan, Soto Betawi juga telah menjadi salah satu hidangan favorit di kota ini. Soto Betawi adalah sup daging sapi dengan kuah santan kental dan bumbu rempah yang lezat. Biasanya disajikan dengan potongan daging sapi, jeroan sapi, emping, dan ditaburi bawang goreng serta sejumput jeruk nipis. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Soto Betawi adalah di Warung Soto Betawi Hj. Makmun di Jogja.

Nasi Langgi

Nasi Langgi adalah hidangan nasi khas Jogja yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam suwir, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal. Menu ini biasanya dilengkapi dengan kerupuk dan lalapan segar. Salah satu tempat terkenal untuk mencoba Nasi Langgi adalah di Warung Nasi Langgi Mbak Mul.

Also Read:  115+ Harga Pasaran Z800 Bekas

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman tradisional khas Jogja yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, daun pandan, serai, dan gula merah. Rasanya yang hangat dan aromanya yang harum membuat Wedang Uwuh menjadi minuman favorit saat musim hujan atau cuaca dingin. Anda dapat menemukan Wedang Uwuh di berbagai warung atau pedagang kaki lima di Jogja.

Kopi Joss

Terakhir tapi kalah penting adalah Kopi Joss. Kop Joss adalah minuman khas Jogja yang unik karena memilikiahanang panas yang dituangkan langsung ke dalam cangkiropi hitam panas. Reaksi antara arang dan kopi menghasilkan suara ‘joss’ yang unik dan memberikan cita rasa tersendiri pada kopi tersebut. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi Kopi Joss adalah Warung Kopi Jos Pak Agus.

Jadi, saat Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa mencoba 10 kuliner khas ini. Setiap hidangan memiliki cita rasa dan keunikan sendiri. Nikmati kelezatan kuliner Jogja sambil mengeksplorasi keindahan budaya dan pesona kota ini!